Cari Blog Ini

Sabtu, 03 Desember 2011

Mengenal Pangeran Diponegoro

PANGERAN DIPONEGORO

Mengenal Pahlawan Pangeran DIPONEGORO
PANGERAN DIPONEGORO

Mengenal Pahlawan Pangeran DIPONEGORO. Pangeran diponegoro yang lahir di yogtakarta pada tanggal 11 november 1785. Dan wafat pada tanggal 8 januari 1855, diponegoro adalah salah satu seorang pahlawan nasional republik indonesia. Diponegoro wafat dimakamkan di daerah makasar. Diponegoro adalah putera sulung dari hamengkubuwono III yang seorang raja mataran di yogyakarta. Pangeran diponegoro pada waktu kecil yang bernama bendoro raden mas ontowiryo. Mengenal Pahlawan Pangeran DIPONEGORO.

Mengenal Pahlawan Pangeran DIPONEGORO

Mengenal Pahlawan Pangeran DIPONEGORO. Menyadari kedudukannya diponegoro menolak untuk menjadi seorang raja yang di yogyakarta, karena seorang ibunya bukanlah permaisuri. Mengenal Pahlawan Pangeran DIPONEGORO.
Mengenal Pahlawan Pangeran DIPONEGORO. Diponegoro lebih tertarik pada kehidupan kegamaan dan merakyat sehingga diponegoro lebih suka bertempat tinggal di tegalrejo yang tempat tinggal eyang buyutnya. Pemberontakan terhadap keraton dimulai sejak kepimpinannya hamengkubuwono V pada tahun 1822 dimana diponegoro menjadi salah satu perwakilan untuk mendampingi hamengkubuwono V yang baru berusia 3 tahun. Sedangkan pemerintahan dalam sehari-harinya dipegang oleh ratih danurejo bersama residen belanda. Cara seperti itu tidaklah disetujui oleh diponegoro.
Mengenal Pahlawan Pangeran DIPONEGORO. Perang diponegoro berawal ketika pihak belanda memasang patok di tanah milik diponegoro yang berada di tegalrejo. Dan pada saat itu diponegoro sudah muak dengan kelakuan belanda yang ridak mengahargai adat istiadat setempat dan sangat mengeksploitasi rakyat dengan pembebanan pajak. Mengenal Pahlawan Pangeran DIPONEGORO.

Mengenal Pahlawan Pangeran DIPONEGORO

Artikel tentang mengenal pahlawan pangeran diponegoro. Sikap diponegoro saat menentang belanda secara terbuka, mendapat simpati dan dukungan rakyat. Atas saran dari pamannya diponegoro menyingkir dari desa tegalrejo dan membuat markas disebuah gua yaitu gua selarong. Salah satu kyai maja ikut bergabung dengan pasukan diponegoro yang berada di gua selarong. Mengenal Pahlawan Pangeran DIPONEGORO.
sumber : http://hbis.wordpress.com/2008/08/26/mengenal-pahlawan-pangeran-diponegoro/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar